Cara Membedakan Giok Asli Dan Palsu, Ini 3 Cara Mengenali Perbedaannya! – Batu Giok menjadi salah satu batu favorit pada kolektor. Batu giok dipercaya mampu mendatangkan berbagai manfaat, khususnya di dunia pengobatan, penyembuhan dan kesehatan. Bahkan secara spiritual, disisi lain ternyata batu giok memiliki khasiat luar biasa yaitu membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Namun yang diresahkan saat ini adalah adanya penjual yang melakukan kecurangan dengan menjual batu giok palsu. Sebab itulah Anda harus pandai pandai membedakan antara batu giok asli dan juga palsu.

Seperti apakah cara membedakan giok asli dan palsu? Yuk simak selengkapnya trik dari kami berikut ini. Sebuah cara mudah bagi anda orang awam sekalipun untuk bisa mengenali keaslian sebuah batu giok.

4 Cara Membedakan Giok Asli Dan Palsu

Pertama, Lemparkan giok ke udara dan tangkap dengan telapak tangan Anda

Giok asli memiliki kepadatan yang sangat tinggi, sehingga akan terasa lebih berat daripada yang terlihat. Jika terasa lebih berat daripada batu biasa dengan ukuran yang sama dan lulus uji dengan mata, kemungkinan besar ini batu giok asli. Tes ini jelas tidak menunjukkan ketepatan namun cukup efektif untuk dilakukan, dan dahulu biasa digunakan oleh pedagang dan pembeli permata.

Kedua, Ketukkan dua batu giok satu sama lain

cara membedakan giok asli dan palsu secara tradisional lain untuk menilai kepadatan batu giok tanpa mengukurnya adalah dengan mengamati adanya suara plastik beradu satu sama lain. Jika Anda memiliki batu giok yang telah terbukti keasliannya, ketukkan batu ini dengan batu giok lain yang ingin Anda uji. Jika terdengar seperti suara plastik beradu, maka batu tersebut mungkin palsu. Jika terdengar suara resonan yang lebih dalam, kemungkinan batu giok ini asli.

Ketiga, Pegang sepotong batu giok di tangan Anda

Batu giok asli akan terasa dingin, halus dan tangan Anda akan terasa seperti memegang sabung. Perlu waktu beberapa saat untuk membuatnya lebih hangat. Tes ini bermanfaat ketika Anda membandingkannya dengan batu giok asli dengan bentuk dan ukuran yang serupa.

Keempat, Lakukan tes gores

Trik membedakan giok asli dan palsu selanjutnya adalah dengan melakukan tes gores. Jadeite adalah bahan yang sangat keras; jadeite dapat menggores kaca atau bahkan logam. Di sisi lain, nefrite adalah bahan yang jauh lebih lembut, sehingga tes gores justru dapat merusak nefrite asli. Jika jadeite yang Anda tes dapat menggores kaca atau baja, masih ada kemungkinan lain bahwa ini bukan batu giok, seperti kuarsa hijau dan prehnite.

Gunakan ujung tumpul dari gunting dengan menekannya secara lembut untuk menarik garis di satu bagian giok. Lakukan ini di sisi bawah untuk menghindari dari merusak ukiran. Hindari permukaan yang lapuk karena terlalu lembut dan mudah rusak. Jika goresan yang dibuat menghasilkan garis putih, usap dengan lembut (mungkin ini residu logam dari gunting). Apakah masih ada goresan? Jika masih ada, batu gioknya mungkin tidak asli.

Itulah 4 cara membedakan giok asli dan palsu, semoga bermanfaat.

Ingin mendapatkan cincin giok untuk kesehatan dan pengobatan serta penyembuhan? Yuk kunjungi : www.cincingiok.com

11 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>